Mereka yang memiliki sertifikasi ISO
akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu
disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang
ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait. Selain itu masih
banyak keuntungan lainnya yang akan langsung kita bahas di bawah ini. Berikut
ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh sebuah perusahaan dengan
adanya sertifikasi ISO sebagai standar perusahaan tersebut.
a.
Meningkatkan
Kredibilitas Perusahaan Serta Kepercayaan Pelanggan
Dengan
menerapkan sistem manajemen mutu, sebuah perusahaan akan dapat menjamin
kredibilitas mereka. Yang dimaksud kredibilitas di sini adalah kendali proses
dan prosedur sebuah perusahaan dimana memastikan apabila terdapat sesuatu yang
tidak beres maka antisipasi akan dilakukan dengan cepat. Pada akhirnya
kredibilitas ini akan menghasilkan nilai positif dalam kepuasan pelanggan.
b.
Jaminan Atas
Kualitas dengan Standar Internasional
Untuk
mendapatkan Standardisasi ISO sebuah perusahaan harus melalui sebuah siklus
pasti yang dikenal dengan PDCA yakni identifikasi, analisa, dan eksekusi sebuah
penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional. Siklus atau prinsip ini
adalah prinsip internasional yang juga diterapkan di segala jenis industri.
c.
Menghemat Biaya
Standar ISO akan
memungkinkan suatu perusahaan untuk menerapkan sistem manajemen khusus yang
membantu mereka untuk mengetahui kinerja perusahaan secara menyeluruh. Jika ada
indikasi bahwa produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun maka
antisipasi akan segera dilakukan. Hal itu juga secara tidak langsung berarti
mencegah kemungkinan pemborosan anggaran terkait produk atau kinerja yang buruk
tersebut.
d.
Mengoptimalkan
Kinerja Karyawan
Kembali kepada
prinsip manajemen mutu, semua prinsip tersebut ditetapkan untuk dapat diikuti
oleh seluruh karyawan dari level staff hingga level eksekutif dalam sebuah
perusahaan. Hal ini akan memacu para karyawan untuk dapat menjaga kualitas,
efisiensi, serta produktivitas mereka dalam standar ISO yang telah ditetapkan
sebelumnya.
e.
Meningkatkan
Image Perusahaan
Salah satu
keuntungan paling jelas dari perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ISO
adalah tentunya image atau brand perusahaan akan menjadi jauh lebih positif.
ISO 9000 adalah kumpulan standar
untuk sistem manajemen mutu (SMM). ISO 9000 yang dirumuskan oleh TC 176 ISO,
yaitu organisasi internasional di bidang standardisasi. ISO 9000 pertama kali
dikeluarkan pada tahun 1987 oleh International
Organization for Standardization Technical Committee (ISO/TC) 176. ISO/TC inilah yang bertanggungjawab untuk
standar-standar sistem manajemen mutu. ISO/TC 176 menetapkan siklus peninjauan
ulang setiap lima tahun, guna menjamin bahwa standar-standar ISO 9000 akan
menjadi up to date dan relevan untuk organisasi. Revisi terhadap standar ISO
9000 telah dilakukan pada tahun 1994 dan tahun 2000.
·
Adanya satu set
prosedur yang mencakup semua proses penting dalam bisnis;
·
Adanya
pengawasan dalam proses pembuatan untuk memastikan bahwa sistem menghasilkan
produk-produk berkualitas;
·
Tersimpannya
data dan arsip penting dengan baik;
·
Adanya
pemeriksaan barang-barang yang telah diproduksi untuk mencari unit-unit yang
rusak, dengan disertai tindakan perbaikan yang benar apabila dibutuhkan;
·
Secara teratur
meninjau keefektifan tiap-tiap proses dan sistem kualitas itu sendiri.
Sebuah perusahaan atau organisasi
yang telah diaudit dan disertifikasi sebagai perusahaan yang memenuhi
syarat-syarat dalam ISO 9001 berhak mencantumkan label "ISO 9001 Certified" atau "ISO 9001 Registered". Sertifikasi terhadap
salah satu ISO 9000 standar tidak menjamin kualitas dari barang dan jasa yang
dihasilkan. Sertifikasi hanya menyatakan bahwa bisnis proses yang berkualitas
dan konsisten dilaksanakan di perusahaan atau organisasi tersebut. Walaupan
standar-standar ini pada mulanya untuk pabrik-pabrik, saat ini mereka telah
diaplikasikan ke berbagai perusahaan dan organisasi, termasuk perguruan tinggi
dan universitas.
ISO 9000
mencakup standar-standar di bawah ini:
1. ISO 9000 - Quality
Management Systems - Fundamentals and
Vocabulary: mencakup dasar-dasar sistem manajemen kualitas dan spesifikasi
terminologi dari Sistem Manajemen Mutu (SMM).
2. ISO 9001 - Quality
Management Systems - Requirements:
ditujukan untuk digunakan di organisasi manapun yang merancang, membangun,
memproduksi, memasang dan/atau melayani produk apapun atau memberikan bentuk
jasa apapun. Standar ini memberikan daftar persyaratan yang harus dipenuhi oleh
sebuah organisasi apabila mereka hendak memperoleh kepuasan pelanggan sebagai
hasil dari barang dan jasa yang secara konsisten memenuhi permintaan pelanggan
tersebut. Implementasi standar ini adalah satu-satunya yang bisa diberikan
sertifikasi oleh pihak ketiga.
3. ISO 9004 - Quality
Management Systems - Guidelines for
Performance Improvements: mencakup perihal perbaikan sistem yang
terus-menerus. Bagian ini memberikan masukan tentang apa yang bisa dilakukan
untuk mengembangkan sistem yang telah terbentuk lama. Standar ini tidaklah
ditujukan sebagai panduan untuk implementasi, hanya memberikan masukan saja.
ISO 14000 adalah kumpulan
standar-standar terkait pengelolaan lingkungan yang disusun untuk membantu
organisasi untuk:
o Meminimalisir dampak negatif kegiatan-kegiatan
(proses dll) mereka terhadap lingkungan, seperti menimbulkan perubahan yang
merugikan terhadap udara, air atau tanah;
o Mematuhi peraturan perundangan-undangan dan
persyaratan-persyaratan berorientasi lingkungan yang berlaku;
o Memperbaiki hal-hal di atas secara berkelanjutan.
ISO 14000 serupa dengan ISO 9000 -
manajemen mutu dalam hal berkaitan dengan bagaimana sebuah produk diproduksi
ketimbang tentang produk itu sendiri. Sebagaimana halnya ISO 9000, sertifikasinya
dilakukan oleh pihak ketiga, bukan oleh ISO sendiri. Standar audit ISO 19001
diterapkan saat mengaudit ketaatan ISO 9000 dan 14000 sekaligus. Persyaratan
ISO 140001 merupakan bagian integral dari Skema Manajemen dan Audit Lingkungan
(Eco-Management and Audit Scheme (EMAS) yang dikeluarkan oleh Uni Eropa.
Struktur dan persyaratan material EMAS lebih menuntut, terutama menyangkut
tugas-tugas peningkatan, kepatuhan hukum dan pelaporan kinerja.
SO 14001 adalah sebuah spesifikasi internasional untuk sistem manajemen
lingkungan (SML) yang membantu perusahaan Anda mengidentifikasi,
memprioritaskan, dan mengatur risiko-risiko lingkungan sebagai bagian
dari praktek bisnis normal.
LRQA Business Assurance membantu Anda mengelola tantangan bisnis, sistem dan risiko-risiko dalam mengembangkan dan melindungi kinerja lingkungan Anda di masa kini dan masa yang akan datang yang sesuai dengan kebutuhan para pemangku kepentingan.
Siapa Pengguna ISO 14001?
ISO 14001 bisa diterapkan di seluruh organisasi tanpa memandang besaran dan lokasi geografis.Mengapa ISO 14001 Penting Bagi Perusahaan Anda?
Sertifikasi ISO 14001 memberikan sejumlah manfaat untuk perusahaan Anda.- Mengurangi biaya; karena ISO 14001 menuntut komitmen perbaikan terus menerus, maka penetapan obyektif dari perbaikan tersebut akan membantu mendorong penggunaan bahan mentah yang lebih efisien sehingga biaya bisa dikurangi.
- Mengatur kepatuhan terhadap hukum; sertifikasi ISO 14001 bisa membantu Anda dengan cara mengurangi upaya yang dibutuhkan untuk mengatur kepatuhan hukum dan dalam manajemen risiko-risiko lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan Anda.
- Mengurangi duplikasi upaya; sistem manajemen Anda bisa digabungkan dengan persyaratan ini dan standar manajemen lainnya menjadi sebuah sistem bisnis tunggal yang bisa mengurangi duplikasi dan biaya.
- Mengelola reputasi Anda, sertifikasi ISO 14001 dapat membantu mengurangi risiko yang terkait dengan biaya atau merusak reputasi Anda yang berhubungan dengan pembersihan atau litigasi dan membangun citra publik Anda terhadap klien, badan pengawas dan pemangku kepentingan kunci.
- Menjadi pemasok pilihan & menambah manfaat kompetitif; sertifikasi ISO 14001 memungkinkan Anda untuk bekerja dengan perusahaan yang menggarisbawahi dan mengutamakan perusahaan yang ramah lingkungan.
- Kemudahan berintegrasi; ISO 14001 berbasis sistem manajemen - standar ini didukung oleh siklus 'Plan Do Check Act' sama dengan standar sistem manajemen lain yang bisa digabungkan dengan ISO 9001 (mutu), OHSAS 18001 (Kesehatan dan Keselamatan) dan standar berbasis sistem manajemen lainnya.
Manfaat ISO 14001 dengan LRQA Business Assurance
LRQA terakreditasi untuk menerbitkan sertifikat standar ISO 14001 di seluruh sektor dan telah banyak terlibat dalam bebagai pengembangan teknis. Artinya, bahwa apapun sektor bisnis Anda, kami dikenal memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam memberikan layanan yang efektif.LRQA Business Assurance membantu Anda mengelola tantangan bisnis, sistem dan risiko-risiko dalam mengembangkan dan melindungi kinerja lingkungan Anda di masa kini dan masa yang akan datang yang sesuai dengan kebutuhan para pemangku kepentingan.
- Pemahaman kami yang mendalam dan keunggulan teknis yang memungkinkan kami menyambaikan manfaat nyata kepada para klien lewat sebuah pendekatan manajemen proyek yang terstruktur.
- Kami paham bahwa komunikasi yang baik sangatlah penting dalam menyampaikan transparansi lewat seluruh tahapan dan proses EMS. Kami bekerja bersama para klien menetapkan tujuan yang jelas untuk semua pihak.
- LRQA Business Assurance menyampaikan dua jenis layanan yaitu sertifikasi dan pelatihan untuk ISO 14001
Daftar Perusahaan yang telah
menerapkan Manajemen Mutu ISO 9000 dan ISO 14000 berikut ini adalah:
1.
PT KMI Wire and
Cable Tbk
2.
PT Krakatau
Steel (Persero) Tbk
3.
PT Komatsu
Indonesia
4. PT. Voksel electric Tbk
5. PT.SKF indonesia
Sumber :wikipedia
http://www.id.lrqa.com/standards-and-schemes/iso14001/
0 komentar:
Posting Komentar